Kaos Murah –
Memulai bisnis tentu harus faham dengan peta calon konsumen yang ingin
disasar. Siapa yang kira-kira membutuhkan dan mau membeli produk? Hal
ini sangat penting ditentukan di awal ketika seseorang ingin memulai
bisnis. Bisa jadi produk yang bagus tidak sukses dipasar. Secara
kualitas mungkin bagus bahkan istimewa, namun sayang rontok saat
memasuki pasar. Lantas apa yang salah jika hal tersebut terjadi pada
suatu produk?
Banyak pelaku usaha yang menawarkan
produk ke sembarang orang, mereka tidak memiliki target pasar yang
jelas. Orang yang tidak butuh atau kurang butuh mereka tawari, alhasil
buka pembelian yang terjadi, namun penolakan beruntunlah yang
didapatkan. Itulah salah satu faktor yang menyebabkan produk bagus belum
selalu sukses menembus pasar. Tidak tepat menentukan siapa calon
konsumennya.
Pun sama halnya dengan bisnis kaos distro atau kaos murah.
Bagi para pemula atau jika Anda berniat untuk memulai bisnis di bidang
ini, maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah lihat kondisi
pasarnya, lihat segment mana yang kira-kira pas dengan bisnis kaos
distro yang akan dijalankan. Bagaimana cara melihat segmentasi pasar pas
atau tidak terhadap bisnis yang akan dijalankan?
Banyak indikator yang dapat digunakan
untuk menentukan suatu segmentasi bagus atau tidak. beberapa
diantaranya, yang pertama adalah tentu dari produk yang ingin
ditawarkan. Produk kaos distro kira-kira banyak dipakai oleh siapa?
Indikator selanjutnya adalah lihat dari besaran (jumlah) dari segmentasi
terebut. Semakin besar tentu akan semakin bagus, namun tentu juga kita
akan menemui banyak persaingan disana. Sudah barang mahfum bahwa semakin
besar popolasi suatu segmentasi pasar maka akan semakin banyak juga
bisnis yang menggarap pada segement tersebut. Dan yang lebih penting,
segementasi pasar yang ingin dituju oleh bisnis kaos distro adalah segmentasi produk tersebut bertumbuh.
Maksud dari segmentasi pasar kaos murah
yang bertumbuh adalah segmentasi pasar terus berkembang dengan adanya
pengaruh pertumbuhan penduduk suatu daerah. Misalnya pada segmentasi
pasar anak-anak. Segment pasar anak-anak tidak akan pernah habis, karena
akan selalu ada orang melahirkan, bahkan kecenderungannya semakin
banyak. Di sisi lain, setiap anak tentu akan tumbuh menjadi dewasa, dan
tentu meninggalkan masa kekanak-kanakannya, namun posisi mereka selalu
digantikan oleh bayi yang baru lahir dan terus lahir kemudian hari.
Begitulah kira-kira gambaran mudah segmentasi bertumbuh.
Lantas kira-kira segment mana yang pas
untuk bisnis kaos distro? Usia muda dari rentang 15-30 tahun tentu akan
menjadi suatu segmentasi yang menggiurkan untuk digarap. Bagaimana
tidak, pada usia ini, kebanyakan orang masih mempunyai jiwa muda yang
menggebu dan sangat membutuhkan ruang untuk menunjukan eksistensinya.
Pada usia ini pula, kecenderungan mereka dalam berpakaian adalah ingin
selalu kelihatan trendy dan berjiwa muda, tentu kaos menjadi pilihan
lebih nyentrik dibandingkan harus memakai baju batik setiap harinya, apa
lagi lengang panjang. Duh bukan gaya mereka kayaknya. Dari sini bisa
kita lihat bahwa kebutuhan kaos pada segemntasi ini sangat besar.
Sementasi umur 15-30 tahun banyak
terkonsentrasi pada tempat-tempat ramai, terutama di daerah yang
terkenal dengan pendidikan seperti kota Jogja. Setiap tahunnya tentu ada
banyak penempuh pendidikan dari sekolah menengah sampai ke perguruan
tinggi yang lulus, namun lebih banyak lagi adalah mereka yang masih
tinggal di Jogja dan datang ke Jogja untuk meneruskan pendidikan. Bahkan
jumlahnya terus meningkat. Dan tentu, segmentasi ini memberikan peluang
yang besar untuk sebuah bisnis.
Selain terkonsentrasi di tempat-tempat
pendidikan, segmentasi ini juga sangat akrab dengan dunia online.
Sebagin besar waktu mereka ada di dunia online. Tentu hal ini akan
sangat memudahkan bagi pelaku bisnis distro dalam rangka menggarap
pasarnya akan diulas pada artikel berikutnya, jadi tetap pantauin terus ya). Di
sisi lain, pada segmentasi ini kita akan melihat banyak tema yang bisa
digarap pada produk distro yang akan ditawarkan. Musik menjadi salah
satu tema menarik yang bisa ditawarkan. Wisata, Jalan-jalan juga menarik
untuk banyak kalangan. Dan tentu tema kewirausahaan juga sedang booming
saat ini. Kayanya tema yang bisa diaplikasikan ke produk kaos distro
yang akan ditawarkan tentu memberikan pertimbangan yang menarik untuk
fokus menggarap bisnis kaos distro.
Bagaimana..? Sudah mempunyai gambaran
terkait siapa calon konsumen potensial dari bisnis kaos? Di sini,
kuncinya adalah semakin spesifik segmentasi yang akan digarap akan
semain memudahkan pebisnis menerapkan strategi pemasaran. Dan harapannya
produk sukses di pasaran. Semoga bermanfaat!
Komentar
Posting Komentar